Penyakit Gagal Jantung Kongestif

Penyakit gagal jantung kongestif adalah keadaan ketika jantung tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Kegagalan jantung dibagi atas kegagalan jantung akut yang timbulnya sangat cepat, sebagai akibat dari serangan infrak miokard, ditandai dengan sinkope, syok, henti jantung dan kematian tiba-tiba dan kegagalan jantung kronis, berkembang secara perlahan dan disertai dengan tanda-tanda yang ringan karena jantung dapat mengadakan kompensasi. Penyakit gagal jantung sering juga disebut dekompensasi kordis, insufisensi jantung atau inkompeten jantung.

Penyakit gagal jantung kongestif

Penyakit gagal jantung kongestif

Penyakit Gagal jantung kongestif

Penyebab kegagalan jantung kongestif dibagi atas dua kelompok, yaitu :

1. Gangguan yang langsung merusak jantung, seperti infrak miokardium, miokarditis, fibrosis miokardium, dan aneurisama ventikular.

2. Gangguan yang mengakibatkan kelebihan beban ventrikel kanan dan kiri.

Kegagalan ventrikel kanan

Kegagalan ventrikel kanan terjadi bila bilik ini tidak mampu memompa melawan tekanan yang naik pada sirkulasi pada paru- paru. Kegagalan ventrikel kanan dalam memompakan darah akan mengakibatkan oedema pada ekstrimitas. Pada hati juga mengalami pembesaran karena berisi cairan intra vaskuler, tekanan di dalam sistem portal menjadi begitu tinggi sehingga cairan didorong melalui pembuluh darah masuk ke rongga perut (acites) akibatnya akan mendesak diafragma yang akhirnya akan susah untuk bernapas

Kegagalan ventrikel kiri.

Kegagalan ventrikel kiri untuk memompakan darah yang mengandung oksigen yang berguna untuk memenuhi kebutuhan tubuh berakibat dua hal :
a.Dispnea
Pernafasan yang memerlukan tenaga merupakan gejala penyakit gagal jantung kongestif sejak dini dari kegagalan ventrikel. Bisa timbul akibat gangguan pertukaran gas karena cairan di dalam alveoli. Hal ini bisa menjadi payah karena pergerakan tubuh, misal menaiki tangga, berjalan mendaki dll. Karena dengan kegiatan tersebut memerlukan peningkatan oksigen.
b.Orthopnea
Timbul kesukaran bernafas pada waktu berbaring terlentang dan orang harus tidur pakai sandaran di tempat tidur atau tidur duduk pada sebuah kursi. Bila orang tidur terlentang ventilasi kurang kurang dan volume darah pada pembuluh- pembuluh paru- paru meningkat.

Kelebihan ventrikel dibagi atas :

a. Preload adalah volume darah ventrikel pada akhir diastole. Kontraksi jantung menjadi kurang efektif apabila volume ventrikel sudah melampaui batasnya. Meningkatnya preload dapat diakibatkan oleh regurgitasi aorta atau mitral, terlalu cepat pemberian cairan infus terutama pada pasien lansia dan anak kecil.

b. Afterload adalah kekuatan yang harus dikelurkan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh (sistem sirkulasi). Meningkatnya afterload dapat diakibatkan oleh stenosis aorta, stenosisi pulmonal, hipertensi sistemis, dan hipertensi pulmonal. Penyakit jantung hipertensif adalah perubahan pada jantung sebagai akibat hipertensi yang berlangsung terus-menerus dana meningkatkan afterload. Jantung membesar sebagai kompensasi terhadap beban pada jantung. Apabila hipertensi tidak teratasi, kegagalan jantung dapat terjadi.

c. Hambatan pada pengisian ventrikel karena adanya gangguan pada aliran yang masuk kedalam ventrikel atau pada aliran balik venous return yang akan menyebabkan pengeluaran atau output ventrikel berkurang dan curah jantung akan menurun.

d. Beban kebutuhan metabolic meningkat melebihi kemampuan daya kerja jantung anda dimana jantung sudah bekerja dengan maksimal, maka akan terjadi keadaan gagal jantung walaupun curah jantung sudah cukup tinggi tetapi tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan sirkulasi dalam tubuh kita.

Seserang yang menderita penyakit gagal jantung kongestif memiliki gejala-gajala yang khas seperti:

– Terjadi pembengkakan pada tungkai kaki dan pergelangan kaki
– Sesak nafas dan mudah lelah
– Batuk kronis dan bisa juga ada darah dalam dahak (lendir)
– Menderita anemia dan asites sera mengi yang terus menerus.
– Kehilangan selera makan dan mual bahkan muntah.
– kemampuan untuk berolahraga menjadi berkurang.

Beberapa cara untuk mencegah penyakit gagal jantung kongestif ini antara lain dengan:

– Berhenti merokok sedini mungkin.
– Menjaga tekanan darah yang sehat dan diet yang seimbang.
– Kelola stress yang anda rasakan dan berolahraga secara rutin.
– Hindari makanan dan minuman manis yang berlebih.
– Membatasi asupan kolesterol yang anda konsumsi.

Untuk mencegah penyakit gagal jantung kongestif anda dapat mengatur strategi pola makan yang sehat dengan cara:

1. Mengkonsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan, dan gandung yang banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita yang sudah terbukti kuat untuk melawan penyakit gagal jantung.

2. Membatasi asupan lemak total dengan mengurangi lemak trans yang tidak lebih dari 10% lemak tak jenuh. Mentega dan keju merupakan makanan yang mengandung lemak trans, sedangkan lemak jenuh dapat ditemukan pada daging, keju, susu, minyak kelapa, dan lain sebagainya. Bila anda ingin menambah asupan lemak yang tepat maka pilihlah mekanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal atau ganda seperti buah alpukat, kacang tanah, kacang kedelai, dan lain sebagainya.

3. Mengkonsumsi ikan yang mengandung omega-3 yang tinggi yang dapat mengurangi resiko stroke dan penyakit gagal jantung kongestif.

4. Perbanyak variasi makanan dengan menyeimbangkan nutrisi yang anda asup dengan makanan sehat lainnya seperti buah dan sayur yang mampu mengimbangi makanan yang tinggi akan kandungan protein seperti susu atau daging dapat meningkatkan risiko penyakit gagal jantung kongestif yang anda miliki. Serta dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang menyebutkan bahwa lemak bukanlah satu-satunya penghasil energi. Kita juga bisa mendapatkan energi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti gandum, pasta, dan kentang.

Cara Pesan Obat Gagal Jantung Alami, Tradisional & Herbal

Obat Herbal Jantung Untuk Memelihara Kesehatan Jantung, Membantu Pengobatan Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Menstimulasi Perbaikan Jaringan Jantung Yang Rusak, Membersihkan Bekuan Darah dan Endapan di Pembuluh Darah

Harga Obat Jantung Gagal Jantung Alami

Harga Obat Gagal Jantung Alami

Harga Obat Jantung 1 Botol Isi 60 Kapsul = Rp.145.000,-

(Untuk Pemakaian 10-20 Hari)

Paket HEMAT Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

Paket Hemat Obat Gagal Jantung Alami

Paket HEMAT Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.580.000 Jadi Rp.435.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.145.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

Cara Pemesanan Cepat Obat Jantung:

SMS ke 0818-0773-0772 , tuliskan : Pesan Obat Jantung, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Gagal Jantung and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.