Sakit Gagal Jantung

Sakit gagal jantung merupakan suatu kondisi yang telah diketahui selama berabad-abad tahun lalu lamanya, namun penelitian tentang epidemiologi sulit dilakukan karena tidak adanya definisi tunggal tentang penyakit gagal jantung ini. Ketika masih sedikit pemeriksaan jantung yang tersedia, denfinisi gagal jantung cenderung ke arah patofisiologi, lalu kemudian definisi di tempatkan pada penekanan pada gagal jantung sebagai suatu diagnosis klinis. Sementara kondisi ini memang merupakan suatu sindrom klinis, diagnosis dapat sulit ditegakkan pada tahap dini karena relatif tidak ada gejala.
Sakit Gagal Jantung yang dalam istilah medisnya disebut dengan Heart Failure atau Cardiac Failure, merupakan suatu keadaan darurat medis dimana jumlah darah yang dipompa oleh jantung seseorang setiap menitnya (curah jantung) tidak mampu memenuhi kebutuhan normal metabolisme dalam tubuh anda.

Maka definisi terbaru membutuhkan bukti pendukung dari pemeriksaan yang paling sering digunakan adalah ekokardiografi, dengan disfungsi ventrikel kiri biasanya didefinisikan sebagai fraksi ejeksi < 30-45% pada kebanyakan survei epidemiologi.

Gambaran tentang penyakit gagal jantung

Sekitar 3-20 per 100 orang pada populasi mengalami gagal jantung dan prevalensinya meningkat seiring pertambahan usia (100 per 1000 orang pada usia diatas 65 tahun) dan angka ini akan meningkat karena peningkatan usia populasi dan perbaikan ketahanan hidup setelah infrak miokard akut. Di Inggris, sekitar 100.000 pasien yag dirawat di rumah sakit setiap tahun untuk gagal jantung, merepresentasikan 5% dari semua perawatan medis dan menghabiskan lebih dari 1% dan perawatan kesehatan nasional.

Beberapa definisi gagal jantung menurut para ahli bidang kesehatan jantung :

– Suatu keadaan patofisiologis di mana jantung gagal mempertahankan sirkulasi adekuat untuk kebutuhan tubuh, meskipun tekanan pengisian cukup (Paul Wood, 1958).

– Suatu sindrom di mana difunsgi jantung berhubungan dengan penurunan toleransi latihan, insidensi aritmia yang tinggi dan penurunan harapan hidup (Jay Cohn, 1988).

– Adanya gejala gagal jantung yang reversibel dengan terapi, dan bukti objektif adanya disfungsi jantung (European Society of Cardiology).

Penyebab dari munculnya Sakit Gagal Jantung yang anda derita.
Gagal jantung yang dapat disebabkan oleh gangguan primer otot jantung itu sendiri atau beban jantung anda yang berlebihan ataupun kombinasi keduanya antara gangguan primer pada otot jantung anda dan beban jantung anda yang berlebihan. Secara garis besar, faktor kemungkinan yang menyebabkan penyakit gagal jantung adalah orang-orang yang memiliki penyakit hipertensi, hiperkolesterolemia, perokok aktif, diabetes, obesitas, dan seseorang yang memiliki riwayat keluarga penyakit jantung serta tentunya pola hidup yang tidak teratur dan kurang berolahraga.

Gejala Penyakit Gagal Jantung dibagi menjadi 2 bagian:

1. Sakit Gagal Jantung sebelah kiri

Gejala penyakit gagal jantung yang menyebabkan berkumpulnya cairan dalam paru-paru, yang menyebabkan sesak napas yang hebat seperti tertimpa beban berat. Pada awalnya sesak napas hanya dirasakan hanya pada saat anda sedang melakukan kegiatan/aktivitas, namun sejalan dengan memburuknya kondisi sakir gagal jantung yang anda derita maka sesak napas juga akan timbul pada saat penderita tidak melakukan aktivitas/ kegiatan. Gejala lain yang mucul adalah cepat letih, gelisah/cemas, batuk-batuk serta ritme detak jantung tidak teratur.

2. Sakit Gagal Jantung kanan

Gejala penyakit gagal jantung yang cenderung berakibat pada berkumpulnya darah yang mengalir ke bagian kanan jantung, sehingga hal ini menyebabkan pembengkakan pada di kaki, pergelangan kaki, tungkai, perut serta hati. Gejala lain yang muncul adalah mual dan muntah, keletihan, detak jantung cepat serta sering buang air kecil di malam hari

Ada baiknya anda mencegah sakit gagal jantung dengan:

  1. mengatur pola hidup yang sehat seperti mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak serat. Dengan mengkonsumsi makanan seperti ubi jalar, buah berry, dan ikan.
  2. Memeriksakan kadar gula dalam darah anda yang harus anda lakukan secara berkala untuk membantu muculnya gejala sakit gagal jantung.
  3. Memilih salah satu aktivitas yang di sukai, seperti contoh berjalan santai, menari, bersepeda, atau hanya jalan di tempat ketika sedang telepon atau melakukan pekerjaan rumah yang anda lakukan selama kurang lebih setengah jam setiap hari. Olahraga dapat membantu anda menurunkan risiko, kolesterol, dan tingkat tekanan darah, serta menjaga berat badan anda agar tetap terjaga. Olahraga juga dapat mengurangi stres yang anda rasakan setelah seharian bekerja.
  4. Selalu menjaga berat badan yang ideal. Apabila anda memiliki berat badan yang berlebihan berusahalah untuk menurunkan beberapa kilogram saja untuk dapat meningkatkan kemampuan tubuh anda untuk menggunakan insulin. Dengan menjaga berat badan anda juga dapat mengurangi resiko munculnya penyakit gagal jantung.
  5. Tidur yang terlalu banyak tidaki baik untuk kesehatan tubuh anda. Begitu pula dengan tidur yang terlalu sedikit juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. JUstru dapat meningkatkan nafsu makan dan muncul keinginan untuk makan makanan yang tinggi karbohidrat yang dapat menyebabkan penambahan berat badan pada tubuh anda. Sebaiknya anda tidur dengan cukup sekitar 7 sampai 8 jam setiap malamnya.
  6. Kurangi mengkonsumsi garam dalam pola makan anda sehari-hari. Hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan resiko sakit gagal jantung. Tidak menggunakan garam pada makanan yang anda konsumsi tidak lah cukup. Usahakan anda menghindari makanan yang sudah diolah dan gunakan bahan-bahan segar sebisa Anda.

=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Gagal Jantung and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>